0
MOS 2016
MOS (MASA ORIENTASI SISWA) 2016

Judul File: 
Materi MOS SD / MI, SMP / MTs, SMA / SMK / Aliyah Sederajat tahun 2016

Deskripsi Singkat:
Salam Sukses Pendidikan Indonesia !!!
Disesuaikan dengan Pedoman MOS. Agar memberikan kemudahan pelaksanaan kegiatan di sekolah  dan disesuaikan dengan  situasi masing sekolah. Sangat berharap mudah-mudahan dengan adanya referensi materi MOS 2016 ini bisa memberikan kemudahan bagi sekolah dalam rangka Penguatan Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013 (Kurtilas) dalam rangka membangun pendidikan karakter guna menyiapkan generasi yang baik sehingga tercipta kegiatan pembelajaran yang efektif dalam kegiatan pendidikan murid dan pengajar.
Disamping itu, selama kegiatan MOS ini,  Kepala Sekolah dibantu Kepala Urusan Kesiswaan (SMP), Waka Kesiswaan (SMA/SMK), atau Guru yang ditunjuk Kepala Sekolah (SD), harus memperhatikan, mengatur, dan bertanggung jawab terhadap kegiatan MOS didasarkan pada prinsip-prinsip penyelenggara MOS. Apabila ada pelanggaran dalam pelaksanaan kegiatan MOSini, maka akan diberi sanksi sesuai aturan yang berlaku
Adapun materi mos sendiri terbagi 2 yaitu materi wajib dan materi pilihan,sebagai berikut
Kumpulan Materi MOS 2016

1. Materi Wajib :



a. Wawasan Wiyata Mandala

b. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Nasionalisme/Patriotisme.
c. Pendidikan Karakter 
d. Pengenalan Kurikulum 2013
e. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
f. Kepramukaan
g. Pembinaan Mental Keagamaan
h. Untuk SD, hari pertama masuk diisi pengenalan lingkungan sekolah, cara belajar, dan penanaman pembentukan karakter dalam rangka mempertebal semangat nasionalisme, salah satunya dalam bentuk menghafal lagu-lagu wajib/perjuangan.

i. MOS diselenggarakan, sesuai dengan pencanangan pendidikan karakter dan pembinaan nasionalisme oleh Gubernur Jawa Tengah, maka sebagai salah satu tolok ukur perlu dilaksanakan pre tes dan pos tes, di antaranya menghafalkan lagu wajib/lagu perjuangan :

- Garuda Pancasila
- Bagimu Negeri
- Maju Tak Gentar
- Berkibarlah Benderaku
- Halo-Halo Bandung
- Satu Nusa Satu Bangsa
- Hari Merdeka
- Rayuan Pulau Kelapa
- Syukur
- Mengheningkan Cipta

Catatan :
- Untuk Lagu Indonesia Raya, semua peserta didik wajib hafal.
- Untuk Lagu Wajib/Perjuangan bagi siswa SD minimal hafal 3 (tiga) lagu, SMP minimal 7 (tujuh), dan SMA/ SMK minimal hafal 9 (sembilan) lagu.

2. Materi Pilihan :

a. 4 Pilar Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara;
b. Sosialisasi Dampak Merokok;
c. Sosialisasi Dampak Narkoba, HIV dan AID’S;
d. Cara Belajar Yang Efektif;
e. Dinamika Kelompok;
f. Lomba Kreatifitas Bidang Seni;
g. Lomba Kreatifitas Bidang Olahraga;
h. Leadership (Kepemimpinan);
i. Perkenalan dengan kakak kelas/guru/karyawan;
j. Kegiatan sosial/mengunjungi ke panti asuhan/panti jompo/panti rehabilitasi sosial, dan bakti sosial;
k. Pengenalan Kegiatan Ekstrakurikuler; 
l. Lain-lain (sesuai dengan kondisi sekolah).

Bagi bapak dan ibu yang membutuhkan Materi MOS untuk SD, SMP, SMA dan SMK sebagai persiapan atau referensi, bisa mendownloadnya di bawah ini. Terima kasih Semoga bermanfaat


Format File:
Materi MOS SD / MI, SMP / MTs, SMA / SMK / Aliyah Sederajat tahun 2016 ini bisa anda download dalam format file .doc atau .docx Microsoft Word.

Download File:

Berkas contoh file pada link di atas disimpan di Google Drive. Setelah mendownloadnya, anda bisa melakukan edit file atau modifikasi dengan menambahkan materi lainnya sehingga lebih lengkap dan lebih bagus lagi dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan anda, karena pada dasarnya contoh file ini hanya sekedar bahan referensi atau perbandingan sederhana saja sehinga mudah-mudahan bisa membantu mempermudah pekerjaan anda.

Posting Komentar

 
Top